animasi blog
Home » » Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Written By Unknown on Jumat, 15 Maret 2013 | 10.47


Air Terjun dua warna adalah air terjun dimana letaknya tidak jauh dari kota Medan hanya butuh satu jam saja perjalanan awal menujuh bumi perkemahan sibolangit, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Setelah itu kita akan mulai berjalan  memesuki daerah hutan untuk bisa sampai di Air terjun Dua warna tersebut. 
Kadang rasa bosan, jenuh ataupun stres sering kita alami karena aktifitas yang kita lakukan setiap harinya, maka inilah saatnya anda untuk sesekali refreshing atau menyegarkan otak yaitu dengan jalan2 ke Air Terjun Dua Warna. Karena dalam perjalan kita bisa menghirup udara segar yang ada di hutan dan memanjakan mata dengan warna-warna alam. 

Dari lokasi bumi perkemahan Sibolangit kita akan mulai memasuki hutan atau hiking selama 2 jam untuk sampai ke lokasi air terjun. Selanjutnya memasuki jalan setapak penuh lumpur, mengikuti aliran air dalam pipa. Selepas jalur pipa, jalan setapak mulai menanjak ke atas dengan kemiringan sedang namun panjang. Track ini membawa ke salah satu bagian punggungan. Selebihnya adalah perjalanan naik turun punggungan menerobos kerapatan hutan. Selang 25 menit kemudian, turun ke bawah salah satu sungai, menyeberanginya dan kembali naik ke punggungan di seberang punggungan pertama. 
Sekitar 20 menit kemudian tiba di persimpangan bibir punggungan. Di sini terdapat plang di atas salah satu pohon bertuliskan  “Air Terjun 2 Warna, 20 Menit” dengan tanda anak panah menunjuk ke bawah lembah tempat suara air Sungai Sinembah 1 berasal. Sementara jalur yang lurus mengikuti punggungan itu, mengarah ke Jalur 54 (salah satu jalur pendakian ke puncak Sibayak).Dari nama tempat wisana ini memang terkesan unik  yaitu Air Terjun Dua Warna. Air terjun ini memang memilki dua warna yaitu biru muda dan putih keabu-abuan. 

Setelah ditelusuri ternyata air terjun ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai yang dialiri belerang (sulfur) yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dingin yang berwarna biru. Uniknya lagi, air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang namun jangan pernah meminum air tersebut. Pada kawasan ini terdapat 4 air terjun, yakni 2 air terjun utama dan 2 air terjun kecil. Tinggi air terjun utama sekitar 50 meter dan air terjun kedua sekitar 20 meter. 
Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum menuju air terjun tersebut kita harus mempersiapkan peralatan hiking seperti sepatu atau sandal gunung, tas ransel untuk membawa perlengkapan baju pengganti, handuk, air minum, bekal makan siang, makanan ringan dan kamera.

Sesampainya di lokasi kita akan melihat ada 3 buah air terjun, satu di antaranya merupakan air terjun Telaga Biru. Sambil menyaksikan pesona alam itu, pengunjung dapat menyantap makanan yang sudah disediakan saat hendak berkunjung. Kita dapat berenang di telaga itu sambil menikmati segarnya air dan sejuknya udara di sekitar telaga itu.
           Pemerintaha setempat yaitu Camat Sibolangit Drs Neken Ketaren saat dikonfirmasi wartawan beberapa waktu yang lalu menyebutkan pemerintah akan berupaya untuk membangun obyek wisata yang ada di kecamatan Sibolangit termasuk air terjun dua warna, katanya. (BSK/m)

 Selamat mencoba sob....,,,
Share this article :

0 komentar:

Entri Populer

Terpopuler

 
Support : Muhammad Ali Misran Hutasuhut | twitter | facebook
Copyright © 2014. Esky comm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Muhammad Ali Misran
Proudly powered by Blogger