animasi blog
Home » » Istana Maimun

Istana Maimun

Written By Unknown on Jumat, 08 November 2013 | 04.43


Selain Masjid Raya Medan yang menjadi kebanggaan dan Ikon kota Medan, ada juga satu lagi yaitu Istana Maimun. Istana ini dibangun oleh Sultan Deli yaitu Makmur Al-Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888 M dimana luasnya 2.772 m2 dan memiliki 30 ruangan. Lokasi istana ini terletak di jalan Brigjen katamso, kelurahan Sukarta, Kecamatan Medan Maimun, Sumatera Utara. Untuk akses kesana juga cukup mudah, disamping tempat ini juga berdekatan dengan Masjid Raya Medan dimana butuh waktu kira2 20 menit jalan kaki dari Masjid menuju Istana Maimun.


Disisi kanan Istana terdapat bangunan kecil beratap ijuk dan di dalamnya terdapat sebuah meriam buntung dengan legenda penjelmaan putri yang cantik. Di depan pintu masuk juga terdapat sebuah prasasti buatan Dinas Pariwisata Kota Medan yang isinya penjelasan tentang bangunan ini dan legenda Meriam Putung alias meriam buntung.


Kisah meriam puntung ini yaitu di kerajaan Timur Raya, hiduplah seorang putri yang cantik jelita yang bernama Putri Hijau. Disebut Putri Hijau karena tubuhnya memancarkan warna hijau. Dan ia memiliki 2 orang saudara , yaitu Mambang Yasid dan Mambang Khayali. Singkat cerita, suatu saat datanglah Raja dari Aceh untuk meminang putri hijau, namun pinangan itu di tolak oleh kedua saudaranya. Raja Aceh menjadi marah, lalu menyerang kerajaan Timur Raya dan berhasil mengalahkan Mambang yasid. Saat tentara Aceh hendak masuk istana untuk menculik Putri Hijau , mendadak terjadi keajaiban dimana Mambang Khayali tiba-tiba berubah menjadi meriam dan menembak serta membabi-buta tanpa henti. Dan karena terus-menerus menembak peluru ke arah pasukan Aceh, maka meriam inipun terpecah dua. Bagian depannya ditemukan di daerah Surbakti, dataran tinggi karo, dekat kabanjahe. Sementara bagian belakang terlempar ke Labuhan Deli yang kemudian dipindahkan ke halaman Istana Maimun.    



Meriam putung merupakan cerita legenda yang menarik bagi wisatawan yang mengunjungi Istana Maimun Medan..
Saat ini Istana ini terkesan masih kurang terawat, kemungkinan hal ini disebakan kurangnya biaya yang dimiki keluarga Sultan untuk merawat Istana ini. Agar tampak lebih indah kembali, seharusnya dilakukan renovasi dan tentunya juga dengan bantuan dari segala pihak..

Share this article :

0 komentar:

Entri Populer

Terpopuler

 
Support : Muhammad Ali Misran Hutasuhut | twitter | facebook
Copyright © 2014. Esky comm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Muhammad Ali Misran
Proudly powered by Blogger