animasi blog
Home » » Linear Programming

Linear Programming

Written By Unknown on Rabu, 26 Februari 2014 | 05.20


Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa pengertian linear programming merupakan suatu metode untuk mencapai satu hasil yang optimal. suatu model umum yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pengalokasian sumber-sumber yang terbatas secara optimal. Masalah tersebut timbul apabila seseorang diharuskan untuk memilih atau menentukan tingkat setiap kegiatan yang akan dilakukannya, dimana masing-masing kegiatan membutuhkan sumber yang sama sedangkan jumlahnya terbatas
Pemrograman linier merupakan perencanaan kegiatan-kegiatan untuk mencapai suatu hasil yang ”optimal”, yaitu suatu hasil yang mencerminkan tercapainya sasaran tertentu yang lebih baik (menurut model matematis) diantara alternatif-alternatif yang mungkin, dengan menggunakan fungsi linear. Pemrograman linier juga memungkinkan pengambil keputusan untuk melakukan pengujian terhadap sensitivitas solusi optimalyang didapatkan dengan melakukan perubahan terhadap nilai parameter yang digunakan (Irghandi, 2008).
Menurut (James, 1999) Pemrograman linier dapat diselesaikan dengan menggunakan metode simplek. Linear programming, kadang-kadang dikenal sebagai optimasi linear, adalah masalah memaksimalkan atau meminimalkan fungsi linear atas polyhedron cembung ditentukan oleh linier dan non-negativitas kendala. linear programming adalah optimalisasi hasil yang didasarkan pada beberapa set kendala menggunakan model matematis linear.
Contoh soal :
Dua buah produk Kerajinan tangan yang telah diamati,yaitu produk mobil-mobilan dan pesawat dimana keduanya terbuat dari bahan utamanya gabus. Dan diperoses melalui 2 cara yaitu perakitan dan pemolesan. Pada bagian perakitan untuk setiap minggunya tersedia 28 jam kerja dan pada pemolesan hanya 20 jam kerja. Unuk menghasilkan 1 produk mobil-mobilan diperlukan 30 menit kerja perakitan dan 25 menit pada pemolesan. Sedangkan untuk menghasilkan pesawat dibutuhkan waktu 25 menit perakitan dan 15 menit pemolesan. Dan profit untuk setiap produk mobil-mobilan dan pesawat yaitu masing-masing Rp 20.000,- dan Rp 15.000,-. Maka dihasilkan data dapat dibuat dalam tabel sebagai berikut:
Produk
Perakitan
Pemolesan
Profit
Mobil-mobilan
30 menit
25 menit
Rp 20.000,-
Pesawat
25 menit
15 menit
Rp 15.000,-
Waktu yang tersedia
(menit)
1680 menit
1200 menit


Pengolahan Data
Produk yang dibuat adalah produk mobil-mobilan dan produk pesawat dan dimana kedua produk tersebut masing-masing memiliki profit Rp 20.000,- dan Rp 15.000,- per unitnya.

Penyelesaian:
Formulasi linier programming
Variable:
 X1= Mobil-mobilan 
 X2= Pesawat
Fungsi Tujuan:
 Z = 20000XI + 15000X2
Fungsi Kendala: 
Z max: 30X1 + 25X2  ≤ 1680
            25X1  + 15X2  ≤ 1200
      X1 , X2 ,   ≤ 0

Share this article :

0 komentar:

Entri Populer

Terpopuler

 
Support : Muhammad Ali Misran Hutasuhut | twitter | facebook
Copyright © 2014. Esky comm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Muhammad Ali Misran
Proudly powered by Blogger