animasi blog
Home » » Kota Padang Sidimpuan

Kota Padang Sidimpuan

Written By Unknown on Jumat, 08 November 2013 | 03.16


Padang Sidimpuan adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini terkenal juga dengan buah khasnya yaitu buah salak sehingga disebut juga “kota salak”. Tempat ini banyak ditanami pohon salak, terutama pada kawasan kaki gunung lubuk raya. Adapun sejarah pengertian nama kota ini yaitu berasal dari “Padang na dimpu” ( padang=hamparan luas, na=di, dan dimpu=tinggi) yang berarti hamparan rumput yang luas dimana berada di tempat yang tinggi.


Kota padang Sidimpuan dikelilingi oleh kabupaten Tapanuli selatan yang dulu merupakan kabupaten induknya dan kota ini merupakan persimpangan jalur darat untuk menuju kota Medan, sibolga, dan Padang (Sumatera Barat) di jalur lintas Sumatera .
Wilayah ini juga berupa lembah yang dikelilingi oleh bukit barisan, sehingga kalau dilihat dari jauh, wilayah Padang Sidimpuan seperti  cekungan yang menyerupai danau. Salah satu puncak yang terkenal di kota ini yaitu bukit Simarsayang (Tor).


 Penghasilan masyarakat di tempat ini sebagian besar adalah : bertani yaitu meliputi persawahan dan perkebunan. Adapun produksi utama dari perkebunan yaitu seperti salak, karet, kopi, kelapa, kakao, cengkeh, kemiri, kulit manis, dan coklat begitu juga tanaman sayur-sayuran lainnya. Dan masyarakat di kota ini mayoritas beragama Islam.


Di pusa kota terdapat alun-alun yang disebut Alaman Bolak (halaman luas), Plaza Anugrah dan Mesjid Raya dan pengelolaan air bersih di kota ini dikelola oleh PDAM kota Padang Sidimpuan dengan menggunakan sistem BNA, dengan sumber air bersih dari sumber air permukaan.


Pusat Pasar kota ini yaitu Sangkumpal Bonang..


Salah satu tugu di kota ini..


Dan satu lagi ciri khas dari kota ini yaitu tranportasi becaknya yang masih menggunakan Vespa..


Kota Padang Sidimpuan dipandang dari Bukit Simarsayang, tampak dalam gambar dibawah ini.. 



Share this article :

0 komentar:

Entri Populer

Terpopuler

 
Support : Muhammad Ali Misran Hutasuhut | twitter | facebook
Copyright © 2014. Esky comm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Muhammad Ali Misran
Proudly powered by Blogger