a.
Defenisi
Manufaktur dan Jasa
Istilah manufaktur berasal dari dua kata bahasa latin, yaitu manus dan
factus yang berarti manus adalah tangan dan factus adalah mengerjakan. Jadi manufaktur
artinya mengerjakan dengan tangan atau proses pembuatan produk yang dikerjakan
dengan tangan. Pengertian manufaktur sekarang adalah proses pembuatan produk
dengan bantuan mesin dan pengontrolanbahkan dikerjakan secara automatis penuh,
tetapi tetap melalui pengawasan secara manual.
Contoh industri Manufaktur, yaitu :
ü
Industri semen
ü
Industri obat-obatan
ü
Industri otomotif
ü
Industri elektronika
ü
Industri pakaian
ü
Industri makanan &
minuman
ü
Industri tekstil
ü
Industri sepatu
ü
Industri barang keperluan rumah
tangga
ü
Dll.
Industri
Pelayanan / Jasa (Service Industries), yaitu industri yang bergerak dibidang
pelayanan atau jasa, baik untuk melayani dan menunjang aktifitas industri yang
lain maupun langsung memberikan pelayanan/jasa kepada konsumen.
Contoh Industri Jasa, yaitu:
ü Asuransi
ü Bursa efek
ü Perbankan
ü Transportasi
ü Pendidikan
ü Perdagangan
ü Perawatan kesehatan
ü Telekomunikasi
ü Dll
b. Perbedaan Industri
Manufaktur dan Industri Jasa
§ Industri
Manufaktur merupakan industri yang memproses bahan mentah menjadi bahan jadi
yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen dan masyarakat sedangkan, Industri Jasa
merupakan industri yang menyediakan pelayanan jasa kepada konsumen yang
membutuhkan.
§ Industri
Manufaktur kontak langsung dengan konsumen relatif kecil sedangkan, Industri Jasa
melibatkan konsumen sehingga kontak langsung dengan konsumen relatif tinggi.
§ Produk
Manufaktur bersifat tahan lama dan bersifat fisik ( berwujud ) sedangkan,
Industri Jasa tidak berwujud.
§ Output dari
Industri Manufaktur bisa disimpan sedangkan, output dari Industri Jasa tidak
bisa disimpan dengan kata lain hanya bisa dinikmati atau dirasakan.
§ Waktu dalam
bekerja Industri Manufaktur relatif lama sedangkan, Industri Jasa relatif
sebentar.
c. Contoh analisa Industri Manufaktur berdasaran dimensi
mutu, yaitu “Analisis Persaingan Industri PT.LG Elektronika Indonesia”
Ø Performance
Produk dari PT.LG Elektronik merupakan brand
elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai
dari LCD TV, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya, dengan produk utama yang
inovatif berupa Air Conditioner. Substitusi dari produk LG Elektronik tentunya
masih bersifat tradisional. Misalnya produk LCD TV substitusinya Radio atau
bahkan layar sandiwara berupa opera, Kamera substitusinya Lukisan, AC
substitusinya Kipas Sate, Kulkas substitusinya termos es, Mesin Cuci
substitusinya Papan Gilasan dsb.
Ø Feture
Adapun ciri khas dari produk PT.LG Elektronika ini,
yaitu
o Pemberian
Service Garansi yang memuasakan
o produk
dengan kualitas baik
o Elektronik
yang tahan lama / awet
o Pelayanan
yang baik
o Harga
terjangkau dengan mutu tetap baik
Ø Reability
Para pembeli produk LG berasal dari
berbagai kalangan tetapi harga harga produk LG cenderung stabil di pasaran
sehingga bisa dijangkau oleh kalangan menengah dan kalangan atas, namun kadang
kala LG elektronik juga mengadakan program big sale bagi produk-produk yang
sedikit cacat. Mempertahankan Loyalitas Konsumen dengan perbaikan pelayanan
konsumen dan tetap menjadikan produk elektronik yang tahan lama dan berdaya
saing mengikuti perkembangan zaman.
Ø Corformance
LG elektornik merupakan perusahaan
dan distributor elektronik terkemuka di Indonesia. Kami memproduksi dan
mendistribusikan produk-produk berlisensi dari LG Electronics Company. LG
Elektronik Indonesia Indonesia merupakan nama dagang yang merupakan cabang dari
perusahaan LG Electronics International, yang merupakan salah satu produsen dan
distributor terbesar produk-produk LG Elektronik di dunia. Pemberian kode-kode
pada setiap produk merupakan bagian terpenting dari keseluruhan proses. Dengan
kode-kode itu kami menjaga agar para pelanggan mendapatkan produk elektronik
kami dalam fiturnya yang terbaik.
Ø Durability
Desain produk PT.LG ini sudah di
desain agar supaya tahan lama, dimana ketahanan dari produl ini juga sudah
banyak diakui oleh para konsumen. Disampin itu juga dengan adanya pemberian
garansi untuk produk ini membuktikan bahwa memang produk ini sudan di desain
sedemikian rupa agar tahan lama sehingga
konsumen tidak merasa kecewa jika membeli produk ini.
Ø Serviceability
Pemberian service terhadap produk
ini jika ada memang kerusakan selama garansi masih ada telah diberikan. Untuk
tempat-tempat servicenya juga dapat di jangkau oleh para konsumen dimana tempat
untuk servicenya juga ditetapkan di berbagai daerah sehingga dapat memudahkan
konsumen. Disamping itu juga akan di berikan no call person, jika memang ada
kerusakan dalam produk ini.
Ø Aesthetic
Adapun daya tarik yang membuat produk
ini diminnati oleh para konsumen yaitu produk ini sudah banyak terjual di berbagai
negara dan kualitasnya yang sudah dijamin.
Ø Perception
Perusahaan telah memproduksi dan
mendistribusikan produk LG Elektronik ke lebih dari 1.000 outlet melalui lebih
dari 30 pusat penjualan. LG Elektronik Indonesia Indonesia merupakan nama
dagang yang merupakan cabang dari perusahaan LG Electronics International, yang
merupakan salah satu produsen dan distributor terbesar produk-produk LG
Elektronik di dunia. Sehigga citra dan reputasi produk ini sudah diakui di
berbagai negara.
d.
Contoh
analisa Industri Jasa Berdasarkan Dimensi Mutu, yaitu “ Analisi Standar
Pendidikan di Indonesia”
Ø Communication
Komunikasi dalam dunia pendidikan di
Indonesia sudah tergolong baik dimana hubungan komunikasi antara guru dengan
peserta didiknya terbuka, sehingga para pelajar bisa langsung bertanya kepada
guru jika memang ada pelajaran yang belum bisa dipahami oleh murid. Disamping
itu juga juga guru sudah terlebih dahulu memberikan penjelasan-penjelasan
tentang pelajaran kepada murid.
Ø Credibility
Pemberian ilmu pengetahuan oleh
seorang guru juga harus dapat dipahami oeh murid dan dapat dipercayai oleh
murid. Tetapi bisa kita lihat masih ada juga tenaga pengajar di indonesia yang
kurang bisa mengajarkan pelajaran yang dibawakannya, sehingga dapat mengurangi
kepercayaan murid akan penjelasan guru tersebut. Disamping itu juga murid yang
jarang untuk malas memberikan pendapat tentang guru pendidinya sehingga
perubahan-perubahan untuk cara mengajar kedepannya tidak dilakukan. Maka disini
seharusnya harus ada pemberikan didikan kepada guru dan murid sehingga tercipta
kemajuan dalam pendidikan di Indonesia.
Ø Security
Pendidikan yang diberikan harus
memberikan memberikan pengetahuan-pengetahuan yang baik untuk murid. Begitu
juga murid yang harus aktif dalam mengikuti pelajaran.
Ø Knowing the
customer
Tenaga pendidik di indonesia belum seluruhnya tahu bangaimana pemberian
pelajaran dengan penjelasan yang baik sehingga murid dapat mengerti ataupun
memahami pelajaran tersebut. Pembuatan metode-metode baru dengan dalam
pendidikan diharapkan akan memberi warna perubahan dalam dunia pendidikan di
Indonesia.
Ø Tangibes
Standar pendidikan di Indonesia
sudah tergolong baik, dimana sudah ditetapkannya standar yang harus di pahami
oleh guru dalam pemberian pelajaran kepada murid. Disamping itu juga sudah ada
standar yang harus dikuasai oleh murid sehingga dapat memperoleh kelulusan.
Ø Reliability
Pemberian didikan kepada murid di
indonesia masih tergolong cukup baik karena masih ada juga guru-guru yang dalam
proses pengajarannya bersifat monoton yaitu pengajaran yang begitu-gitu saja.
Ini dikarenakan tidak adanya metode perubahan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru sehingga murid lebih mudah memahami pelajan.
Ø Responsiveness
Masih banyak juga komentar-komentar dari
para pelajar tentang cara pendidikan di indonesia baik itu yang positif maupun
negatif, misalnya kurangnya penjelasan yang lebih lengkap dari guru sehingga
murid dapat memahami, tetapi itu jaga dikarenakan murid yang tidak mau bertanya
kepada guru tentang pelajaran yang tidak di pahaminya.
Ø Competence
Sebagian dari para tenaga pengajar
di indonesia sudah bisa membuat metode sendiri ataupun cara tersendiri dalam
pemberian pelajaran yaitu dengan memahami karakter para murid sehingga murid
bisa menerima pelajaran tersebut.
Ø Access
Pemberian pembelajan di indoonesia
juga sudah tergolong baik dimana dengan adanya media-media baru seiring dengan
perkembangan teknologi sepeti internet sehingga dapat memudahkan murid untuk
bisa lebih memahami pelajaran-pelajaran yang diberikan do sekolah
Ø Courtesy
Tingkah laku laku dari guru juga
yaitu dengan memberikan perhatian kepada murid agar murid lebih minat belajar
juga sudah diterapkan sebagian guru di indonesia tetapi masih ada juga guru
yang masih kurang memberikan perhatian itu sehinggan menimbulkan kemalasan
murid untuk belajar. Begitu juga murid yang kadang tidak sopan terhadap guru
yaitu yang malas dalam belajar dan tidak mau menuruti apa yang disampaikan oleh
guru diaman dalam hal pemberian tugas yang tidak dikerjakan oleh murid, dan
dalam hal-hal yang baik lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar