animasi blog
Home » » Makanan Lomang

Makanan Lomang

Written By Unknown on Sabtu, 15 Maret 2014 | 00.43


Saat hari lebaran Idul Fitri adalah salah satu hari yang ditunggu oleh umat beragama muslim tentunya. Untuk menyambut acara besar itu banyak makanan yang akan dipersiapkan juga seperti berbagai macam jenis kue, rendang, ketupat dan tentunya juga tak lupa lomang. Mungkin tak semua masyarakat indonesia tahu tentang makanan khas lomang ini karena yang saya tahu masakan ini berasal dari etnis batak yang beragama muslim tepatnya di Tapanuli, Sumut dan salah satunya adalah kabupaten Tapanuli Selatan.

Lomang ini sering dibuat saat adanya hari-hari besar seperti lebaran Idul Fitri dan Idul Adha dan hari besar lainnya. Bahan utama pembuatan lomang ini adalah sipulut, air santan, daun pisang dan sebagai tempatnya yaitu bambu. Dan proses memasaknya dilakukan dengan membakar bambu yang telah diisi dengan sipulut dan air santan serta dilapisi dengan kulit pisang, dan proses pembakarannya dapat dilihat seperti gambar berikut ini.


Saat lomang ini sudah masak dan siap saji, harum wangi yang keluar dari lomang ini pun akan tercium sehingga membuat orang yang disampingnya menjadi tidak sabar untuk mencoba atau menyantapnya.  Dan biasanya juga dalam penyajian makanan ini dapat ditambahkan dengan kuah rendang sehingga makin menggugah selera untuk mencobanya.

Wah begitu banyak jenis masakan daerah di Indonesia yah.., klo saya pribadi sich sudah sering menyantapnya di hari lebaran gitu, kan saya asli  orang tapsel makanya tahu masakan ini. Jadi untuk kawan2 msyarat Indonesia yang belum mencoba, silahkan dicoba dech, saya jamin bakalan puas.


Share this article :

0 komentar:

Entri Populer

Terpopuler

 
Support : Muhammad Ali Misran Hutasuhut | twitter | facebook
Copyright © 2014. Esky comm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Muhammad Ali Misran
Proudly powered by Blogger